Kisah Singkat Tangkuban Perahu Jawa Barat

Kisah Singkat Tangkuban Perahu, pahlawan legendaris Indonesia, telah menginspirasi banyak orang. Dongeng tersebut antara lain kisah Bawang Putih, kisah cinta Dayang Sumbi dan Tumang, perubahan Dayang Sumbi menjadi bunga Jaksi, dan balas dendam Sangkuriang.

Kisah Singkat Tangkuban Perahu Transformasi Dayang Sumbi menjadi bunga Jaksi

Sebuah legenda Danau Bandung telah diturunkan dari generasi ke generasi. Ceritanya terkait dengan kehidupan penduduk setempat. Legenda kuno ini sebenarnya merupakan perpaduan antara fakta dan legenda geologi.

Dalam dongeng telaga ini terdapat beberapa tokoh utama yaitu Sangkuriang, Celeng Wayungyang dan Tumang. Tumang adalah makhluk ghaib. Menurut legenda, dia adalah pencipta Danau Bandung modern dan Gunung Tangkuban Parahu.

Ketika Tumang meninggal, jiwanya merebut kembali tempatnya di swargaloka. Seorang pertapa bijak yang kuat mengajarinya trik supranatural yang diperlukan untuk mengendalikan guriangnya. Menurut legenda, ia kemudian mengadopsi Sangkuriang dan membantunya menguasai seni bela diri.

Kisah itu juga konon diiringi oleh banyak bangsawan yang mencoba merayu putri cantik itu. Salah satu referensi paling awal tentang legenda tersebut adalah dari cerita yang ditulis oleh penulis legendaris Indonesia, Irmo. Terlepas dari kenyataan bahwa tulisannya berasal dari abad ke-15, menceritakan seakurat geologi kuno di daerah tersebut.

Hubungan Dayang Sumbi dengan Tumang

Cerita Tangkuban Perahu adalah cerita rakyat dari gunung Tangkuban Perahu. Bercerita tentang Dayang Sumbi yang cantik dan hubungannya dengan Sangkuriang yang nakal.

Nama gunung ini berasal dari bentuknya yang unik. Nama gunung tersebut merupakan plesetan dari kata tangkuban yang berarti perahu terbalik. Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Barat. Itu terletak di bawah gunung Ciremai dan merupakan rumah dari sebuah danau alami.

Kisah gunung ini berdasarkan pada dua versi. Versi pertama bercerita tentang asal muasal gunung tersebut. Versi kedua menceritakan bagaimana itu menjadi situs sebuah danau. Danau ini dijaga oleh juru kunci Nyi Bomas Inten. Dia juga bertugas melindungi danau sampai kematiannya.

Versi keduanya sedikit berbeda. Ini bercerita tentang bagaimana gunung menjadi lokasi sebuah danau. Menurut cerita ini, gunung tersebut awalnya adalah sebuah perahu yang dibalikkan oleh Sangkuriang. Itu kemudian berubah menjadi gunung bernama Burangrang.

Kisah bawang putih

Kisah Tangkuban Perahu adalah cerita lokal tentang sebuah gunung bernama Gunung Tangkuban Parahu yang menyerupai perahu terbalik. Ini adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Jawa Barat, Indonesia.

Cerita lokal menceritakan bahwa gunung itu dulunya adalah sebuah perahu besar yang ditendang oleh Sangkuriang. Perahu besar ini digunakan untuk membendung aliran sungai Citarum. Namun, Sangkuriang marah karena Dayang Sumbi telah berselingkuh. Dia juga tidak tahu bahwa Tumang adalah ayah biologis baginya.

Dalam cerita The Stories Of Tangkuban Perahu, Dayang Sumbi mencoba membuat kesepakatan dengan Sangkuriang. Dia berjanji bahwa dia akan menjadi ibu dari putranya. Kemudian dia melahirkan seorang bayi laki-laki tampan yang diberi nama Sangkuriang.

Pasangan itu kemudian berencana untuk menikah. Namun, Dayang Sumbi tidak mengetahui bahwa hati Sangkuriang ada di dalam kancil. Ini menyebabkan banyak ketegangan di antara keduanya. Pada suatu kesempatan, Sangkuriang pergi berburu bersama Tumang.

Updated: Desember 18, 2022 — 12:32 pm